Terbaru

6/recent/ticker-posts

Semua Pihak Agar Menahan Diri, Camat Tarumajaya Bantu Mediasi Warga Soal Klaim Lahan Di Kampung Tanah Baru Bulak

Redaksibekasi.com: Tarumajaya: Sejumlah Emak-emak dan warga Kampung Tanah Baru bulak Rt 002/010, Desa Pantai makmur, Jalan marunda Makmur Tarumajaya, datangi kantor kecamatan Tarumajaya, Lantaran lahan yang selama ini di jadikan tempat berteduh selama bertahun - tahun akan segera di bangun tembok pembatas oleh pihak lain yang mengklaim memiliki SHM, Akan tetapi rencana  proses pemagaran terkendala oleh penolakan warga lantaran tanpa adanya nilai ganti rugi apapun, atau setidaknya dana kerohiman bagi sekitar 35 KK yang berdomisili dilahan yang konon kabarnya milik PJT II.Terkait perseteruan yang tak ada tuntasnya dan  saling klaim, Akhirnya dilakukan Mediasi di Aula  Kantor kecamatan Tarumjaya.

"Kami hanya minta, Tolong jangan ada pemagaran sepihak, sebelum ada titik temu di pengadilan," Kata Evin sulistiyo warga Kampung Tanah Baru bulak Rt 002/010,  Desa Pantai makmur, di halaman kantor Kecamatan Tarumaja, Kamis (18/2).

Lanjutnya, Warga tidak pernah merasa memiliki tanah, tetapi hanya mengolah lahan pengairan berdasarkan SIPEL yang ada dari pihaK PJT, Hal ini juga di akui oleh PJT  berdasarkan gambar ukur pada bulan Januari.

"Dengan dasar itu, Kami tetap bertahan dan  membela tanah negara bukan menyerobot tanah siapapun," tegasnya.

Sementara itu, Dede Mauludin Camat Tarumajaya usai mediasi warga dan pihak yang akan melakukan pemagaran kepada media menyampaikan, Bahwa Camat sebagai pembina ketentraman dan ketertiban kewilayahan, Agar tidak terjadi gesekan-gesekan,  maka dilakukan mediasi antara perwakilan warga dan pihak lainnya.

"Agar semua pihak menahan diri, tidak melakukan upaya apapun, Hasil kesepakatannya nanti akan dilakukan pengukuran ulang oleh PJT, BPN dan para pihak lainnya," Ujar Camat Dede.

Dikatakan Camat Dede, Persoalan yang terjadi saat ini, sebelumnya sudah di tangani oleh Camat terdahulu (Camat Sigit-red), akan tetapi belum ada titik temu.

"Alhamdulillah semua pihak menerima hasil mediasi, Nanti akan kita cari titik temu nya, Jika bicara benar atau salah, soal lokasi, itu semua bukan kewenangan Camat, Kita hanya membantu ketertiban wilayah, kita berharap dapat di selesaikan dengan duduk bareng," pungkas Camat Dede Mauludin.

Dari pantauan di halaman kantor Kecamatan Tarumajaya, konsentrasi warga  tertib terkendali, Nampak sejumlah pasukan pengamanan dari SatpolPP kabupaten berjaga-jaga beserta PolPP Kecamatan.

"Yah, Kita hanya sebatas membantu pengamanan saja, sebanyak 50 Anggota Pol PP kabupaten ikut bantu pengamanan saat ini," Kata Eko Kasi Trantib PolPP Kabupaten Bekasi."(*)

Reporter: Red 

Editor: Luk


Baca Juga