Terbaru

6/recent/ticker-posts

36 Peserta Perguruan Silat Cinong Bekasi, Ikut UKT, Ini Harapan Jamaludin Ketum GECB

36 Peserta Perguruan Silat Cinong Bekasi, Ikut UKT, Ini Harapan Jamaludin Ketum GECB

Redaksibekasi.com- Kab.Bekasi: Perguruan Silat Cinong Bekasi sukses melaksanakan Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) yang bertempat di Babelan Kab.Bekasi pada Sabtu, 27 Maret 2021.

36 Peserta Perguruan Silat Cinong Bekasi, Ikut UKT, Ini Harapan Jamaludin Ketum GECB
Pencak Silat merupakan warisan budaya Indonesia yang sudah tumbuh dan berkembang ke mancanegara. Bahkan, Turis mancanegara rela datang ke Indonesia untuk melihat secara langsung proses pembelajaran Pencak Silat dan ikut mempelajarinya.

Ujian Kenaikan Tingkat (UKT) adalah salah satu program tahunan yang rutin dilaksanakan untuk kenaikan sabuk para pesilat Cinong Bekasi guna menambah kualitas para pesilat menuju jenjang selanjutnya. 

UKT tersebut dimulai pada Pukul 08:30 pagi hari dengan apel pembukaan yang dilaksanakan di halaman Kantor Desa Babelan Kota dan dipimpin oleh Arwan Setiawan selalu pelatih silat Cinong Bekasi, dengan pembina Apel yaitu Munalik, Ketua Perguruan Silat Cinong Bekasi. 

Kegiatan UKT pun turut dihadiri oleh Perwakilan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kabupaten Bekasi, Rahmatullah Sidiq yang menjadi Pemateri sejarah Pencak silat. Ketua Umum Yayasan Generasi Emas Cinong Bekasi, Jamaludin, S.Sos.I., Pembina Yayasan GECB, Dadang Rifaldan, Para Pelatih dan Dewan Guru Perguruan Pencak Silat Cinong Bekasi.

36 peserta yang terdiri dari tingkat anak- anak dan remaja ikut serta dalam kenaikan sabuk yang meliputi sabuk tingkat 1 (Putih), sabuk tingkat 2 (merah) dan sabuk kader muda 1 (hitam).

Nampak kegiatan dilaksanakan dengan Menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, sesuai peraturan yang telah dibuat, para peserta dan panitia yang hadir pun dibatasi jumlahnya.

“Saya berharap dengan adanya Ujian Kenaikan Tingkat ini, anak-anak semakin bersemangat untuk berlatih Pencak Silat. Adapun tingkatan sabuk pada ujian kali ini, terdiri dari Sabuk Putih, Sabuk Merah dan Sabuk Hitam, sesuai dengan tingkatan masing-masing peserta,” kata Jamaludin, Ketua Umum Yayasan Generasi Emas Cinong Bekasi. 

Selain itu, salah satu peserta sempat menyampaikan impiannya. “Saya bercita-cita ingin menjadi Atlet Nasional kaya kak Hanifan yang pernah meraih medali emas di Asian Games 2018, dan sebelumnya memenangkan medali perunggu dalam SEA Games 2017,” ungkap Reyhan, salah satu peserta Kenaikan sabuk tingkat anak-anak.

Dadang Rifaldan, Pembina Yayasan Generasi Emas Cinong Bekasi pun turut memberikan pesan di kegiatan tersebut, 

“Terus semangat dan perjuangkan cita-citamu dengan penuh percaya diri, Karena jika ada keinginan pasti ada jalan,” tutupnya.

Tidak sampai di situ, Ketua Umum Perguruan Silat Cinong Bekasi, Munalik, juga menyampaikan pendapatnya mengenai kegiatan UKT ini.

"Ya, saya sangat bangga ngeliat semangat anak-anak yang pada ikut UKT hari ini, semoga dengan adanya UKT ini, mereka jadi semakin semangat mengejar impian mereka untuk menjadi atlet nasional. Mudah-mudahan mah bisa wakilin Kabupaten Bekasi dalam cabor pencak Silat," ucapnya kepada Media. 

Kegiatan ditutup dengan Apel penutupan pada pukul 15:00 di halaman kantor Desa Babelan Kota dan pemberian sabuk seta sertifikat pada masing-masing peserta."(*)

Reporter: Jurnalis Muda Babelan

Editor: Luk

Baca Juga