Terbaru

6/recent/ticker-posts

Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr Resmikan Posbindu Penyakit Tidak Menular Cabang 58 Yonzipur 6

RedaksiBekasi.com- Mempawah: Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah XII/Tanjungpura, Ny. Ely Nur Rahmad meresmikan Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular Persit KCK Cabang 58 Yonzipur 6 di Mayonzipur 6/Satya Digdaya, Anjongan, Mempawah. Posbindu ini dibangun untuk meningkatkan peran Persit dan masyarakat dalam pencegahan dan deteksi dini serta pemantauan faktor risiko Penyakit Tidak Menular. Kamis (19/8/21).Acara peresmian dihadiri Pengurus Persit KCK PD XII/Tpr, Ketua Persit KCK Cabang 58 Yonzipur 6, Cabang 643, Cabang 55 Armed 16 dan Cabang 60 Yonkav 12 serta Para kader Posyandu dan Posbindu. Peresmian ditandai penekanan tombol sirine dan pemasangan pin kader Posbindu oleh Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr. Dilanjutkan dengan peninjauan ruangan.

Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr, Ny. Ely Nur Rahmad dalam sambutan menjelaskan, Posbindu ini untuk mendukung program pemerintah khususnya bidang kesehatan dan merupakan bentuk kepedulian Persit dalam mendeteksi dini faktor risiko penyakit seperti, jantung, hipertensi, diabetes melitus, kanker mulut rahim, kanker payudara, dan lain-lain serta sebagai upaya memelihara kondisi kesehatan bagi penderita Penyakit Tidak Menular agar tetap sehat, mandiri dan produktif.

"Sasaran Posbindu Penyakit Tidak Menular cukup luas mencakup semua masyarakat pada usia 15 (lima belas) tahun ke atas, yaitu kelompok masyarakat sehat, berisiko, dan penyandang Penyakit Tidak Menular atau orang dewasa," terangnya.

Ny. Ely Nur Rahmad mengatakan, upaya yang dilakukan untuk orang dengan faktor risiko adalah mengembalikan kondisi berisiko ke kondisi normal. Untuk orang dengan penyandang Penyakit Tidak Menular adalah mengendalikan faktor risiko pada kondisi normal untuk mencegah timbulnya komplikasi Penyakit Tidak Menular. 

Kegiatan yang perlu diselenggarakan di Posbindu ini adalah, mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal, baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu Penyakit Tidak Menular ke Puskesmas. 

"Saya mengajak kepada Persit agar mengambil bagian untuk betul-betul menghadirkan perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga harapannya derajat kesehatan masyarakat dapat meningkat dan menjadi semakin lebih baik," ajak Ny. Ely Nur Rahmad mengakhiri. 

Usai meresmikan Posbindu, Ketua Persit KCK Daerah XII/Tpr meninjau kerajinan tangan Persit KCK Cabang 58 Yonzipur 6 dan menabur benih ikan serta memberikan vaksin kepada Balita. (Pendam XII/Tpr)."
Reporter: Barat
Baca Juga