Antisipasi Bencana, Kecamatan Sukakarya Adakan Pembinaan Destana

Redaksibekasi.com- Sukakarya: Dalam rangka mengantisipasi bencana Kecamatan Sukakarya Adakan Pembinaan Desa Tanggap Bencana (Destana) pada senin, (18/10/2021). Bertempat di Aula SMP Yappenda Sukakarya.Sementara itu, Kasi PMD Sukakarya Dudin, S.Hi mengatakan langkah evaluatif terhadap berbagai upaya yang telah dilakukan dalam penanggulangan bencana dan sekaligus membangun koordinasi yang lebih intens antara Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa.
"Sinergitas antara pemerintah kecamatan dan desa dalam penanggulangan bencana perlu ditingkatkan, "ucapnya kepada redaksibekasi.com disela-sela kegiatan.

Dikatakannya, Pembinaan Destana ini diadakan agar para peserta memahami secara konprehensif mengenai Desa Tangguh Bencana. "Sebentar lagi menghadapi musim penghujan, kebijakan yang perlu dibuat dalam penanganan bencana di desa masing-masing,"tuturnya.

Lebih lanjut, Dudin mengutarakan setiap desa harus mampu mengantipasi bencana sedini mungkin, terutama yang sering terjadi saat musim penghujan tiba adalah bencana banjir. "Sinergitas antara pemdes dan lembaga desa perlu ditingkatkan, bahkan bila perlu dibuatkan perdes tentang penanggulangan bencana, "ungkap Dudin.
Dirinya berharap, Kegiatan Pembinaan Desa Tangguh Bencana (Destana) dapat memberikan manfaat untuk masyarakat dalam membangun ketangguhan terhadap bencana. "Ya semoga kegiatan ini bermanfaat untuk masyarakat, dan peserta terdorong untuk berpartisipasi dalam pengurangan resiko bencana, "harapnya.

Ditempat yang sama, Ketua LPM Desa Sukaindah Budi Mianta mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan kecamatan, sehingga kami dapat berpartisipasi dalam pembangunan di wilayah.
"Alhamdulillah, Kita bersyukur karena baru kali ini mendapat undangan dari kecamatan, "ucap Budi Mianta.

Kedepan, Lanjut Budi pemerintah kecamatan untuk terus bekerjasama dengan lembaga lembaga yang ada di desa, sehingga sinergitas dapat terjalin. "Kita berharap Pemerintah kecamatan, mengundang lembaga lembaga dalam kegiatan apapun, terutama kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, "tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, Sekcam Sukakarya Dr. HM. Sholeh, M.Pd.I, Kasi PMD Sukakarya Dudin, S.Hi, BPBD Kabupaten Bekasi Ani Heryani, S.Ag. MM, Kepala Desa, Ketua BPD serta Ketua LPM Se-Kecamatan Sukakarya."

(Nilan) 
Lebih baru Lebih lama