Antisipasi Musim Penghujan, Satgas Citarum Harum Sektor 20 Dansubsektor 7 Koramil 10 Sukatani Bersih Sampah Sepanjang Kali Cikarang Hilir

Redaksibekasi.com- Sukatani: Satuan Tugas (Satgas) Citarum Harum Sektor 20 SubSektor 7 Koramil Sukatani  mengantisipasi sampah yang terus timbul saat memasuki musim hujan di Aliran Sungai (DAS) Cikarang Hilir , tepatnya di Kampung Tenjolaut Rt.001 Rw.001 Desa Sukakarya Kab Bekasi Jawa Barat Pada Kamis, 21 Oktober 2021.Dansub sektor 7 Citarum Harum Sektor 20 Koramil 10 Sukatani, Pelda. Hidayatullah, mengatakan volume sampah yang timbul belum pernah berkurang setiap harinya, apalagi di saat musim hujan, debit air meningkat hingga mengirim sampah dari anak sungai menuju Sungai Citarum.

“Setiap hari kita terus membersihkan dan  mengangkut sampah dari sungai, yang tidak pernah berkurang, apalagi di musim penghujan” ungkapnya.
Oleh karena itu, Sambung Hidayatullah Membersihkan sungai dari endapan sampah rumah tangga yang dibuang warga sembarangan itu bagian dari pekerjaan rutin.
“Kita dari Satgas Citarum Harum fokus pada penanganan sampah, selain persoalan limbah pabrik. Satgas Citarum Harum juga terus memberikan edukasi kepada warga terkait penanganan atau pengelolaan sampah,”kata Dansub sektor 7 Citarum Harum Sektor 20 Pelda. Hidayatullah.

Menurutnya, sampah yang dibersihkan dari sungai itu kemudian dikumpulkan dan dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Kita berharap kepada masyarakat tidak membuang sampah ke sungai, Sungai harus kita jaga dan rawat, karena sungai bagian dari sumber kehidupan manusia.
"Mari Kita jaga kelestarian sungai, agar tetap bersih dan jernih,"harapnya.

Lebih lanjut, Pelda. Hidayatullah mengatakan sampah yang dibuang warga ke sungai akan menimbulkan berbagai persoalan, selain menimbulkan pengendapan dan menghambat aliran air, juga berdampak pada ancaman banjir.
"Lebih baik sampah rumah tangga yang dihasilkan itu diolah, jangan dibuang ke sungai, Apalagi sampah dari sisa bekas air mineral, kalau dikumpulkan bisa dijual dan menghasilkan secara ekonomi,” tutupnya."

(Nilan) 
Lebih baru Lebih lama