Berdayakan Warga Masyarakat, Pemdes Segara Makmur Adakan Padat Karya Tunai

Redaksibekasi.com- Tarumajaya: Salah satu upaya Pemerintahan Desa segara makmur Kecamatan Tarumajaya Kabupaten Bekasi Jawa Barat, dalam menjaga kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah masa pandemi Covid-19. Kepala Desa Segara Makmur H. Agus Sopyan, SE, bersama aparatur pemerintah desa, kadus Rw RT dan warga masyarakat adakan Padat Karya Tunai Desa, minggu (10/10/2021).Dalam rangka memasuki musim penghujan dan antisipasi banjir, Pemerintahan desa segara makmur Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi, bersama 347 orang warga, Bekerja dengan sigap bahu membahu membersihkan sampah dan rumput yang ada di sepanjang Kali di wilayah Kampung Poncol, Kampung Blok Turi dan kampung Sungai Bambu. 

Giat bersih-bersih saluran air dari tumpukan sampah dan lumpur kali ini dirangkai dalam program Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Anggaran dana desa Tahun 2021, Desa Segara Makmur Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi.
Kades Segara Makmur H.Agus Sopyan, SE, kepada awak media mengatakan, Dengan pelaksanaan program bersih-bersih padat karya tunai tersebut, Agar senantiasa dapat menjaga lingkungan tetap bersih dan sekaligus dapat menggerakkan roda perekonomian warga masyarakat, terlebih dimasa pandemi Covid-19.

Pelaksanaan program padat karya tunai ini dilaksanakan dengan pembersihan saluran air dari penyumbatan sampah di lingkungan segara makmur,  Diharapkan dengan pembersihan ini saluran air menjadi lancar dan lingkungan menjadi sehat.

"Kami melihat di berbagai sungai khususnya kali di wilayah Kampung Poncol, Kampung Blok Turi dan kampung Sungai Bambu. Segara makmur ini masih banyak ditemukan sampah. Sehingga, kita mengadakan program PKTD ini agar masyarakat mau aktif berpartisipasi dan berkontribusi menjaga kebersihan di wilayah lingkungan masing-masing," jelasnya, Kades Segara Makmur H.Agus Sopyan. 

Sementara H.MUHIDIN Kaur kesra menjelaskan, sumber anggaran pelaksanaan program padat karya tunai ini diambil dari anggaran dana desa tahun anggaran 2021. Giat pembersihan sampah ini untuk menjaga kesehatan lingkungan, Dalam kegiatan ini warga setempat juga tampak antusias dengan program padat karya yang dilakukan. Mengingat pembersihan saluran air dari banyaknya tumpukan sampah dan lumpur. 

Lanjut H. Muhidin, Lokasi yang dipilih juga, berdasarkan masukan dan saran dari warga," Dengan melibatkan 347 orang Tenaga kerja warga segara makmur dari 12 Rw, para warga hari ini antusias melakukan bersih-bersih kali dari tumpukan sampah. Para warga bahu membahu dengan alat tradisional seadanya membersihkan lumpur dan sampah yang menyeumbat saluran air. 

Kami juga berharap agar pandemi Covid-19 segera berakhir. Agar masyarakat bisa beraktivitas kembali normal dan keadaan seperti semula. Warga masyarakat juga tetap menjada pola hidup sehat selalu terapkan protokol kesehatan memakai masker. Jelasnya."

(Cep)
Lebih baru Lebih lama