Kecamatan Sukakarya Adakan Pembinaan Peningkatan Kapasitas Lembaga Kemasyarakatan

Redaksibekasi.com- Sukakarya: Dalam rangka meningkatkan peran dan fungsi tugas Lembaga Kemasyarakat Rukun Tetangga (RT), Kecamatan Sukakarya Kabupaten Bekasi mengadakan Pembinaan Peningkatan Lembaga Kemasyarakatan pada Kamis, (21/10/2021).
Bertempat di SMP Yappenda Sukakarya. Hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Sukakarya Rusdi Azis, S.Ip, Sekcam Dr. HM. Shaleh, S.Ag. M.Pd, Kasi Tata Pemerintah Drs. Yoeyoes Soejana, MM, Kasubag  Umpeg Ukar Rosidin, S.Ap, Staff Tapem Rudin, S.Pd, Kades Sukalaksana H. Tamin Komarudin serta RT Se-Kecamatan Sukakarya.

Sementara itu, Camat Sukakarya Rusdi Azis, S.Ip dalam sambutannya mengatakan Pembinaan dan peningkatan kapasitas Ketua Rukun Tetangga (RT) dilakukan agar para Ketua Lembaga Kemasyarakatan dapat memahami fungsi dan tugasnya.

"Pembinaan ini juga sekaligus sosialisasi program pemerintah dalam penanganan covid19 terutama program vaksinasi yang saat ini sedang digiatkan, "ucap Rusdi Azis kepada redaksibekasi.com dalam sambutannya.

Dikatakannya, meningkatkan kapasitas Ketua RT dalam upaya pembangunan di desa melalui lembaga kemasyarakatan yang ada yaitu Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). "RT adalah ujung tombaknya desa dalam melayani masyarakat, oleh karena itu harus siap dan semangat dalam mengemban amanah,"ungkap Rusdi Azis.

Dirinya berharap, bagi para peserta pembinaan hendaklah mendengarkan apa apa yang disampaikan oleh nara sumber, sehingga ilmu yang didapatkan diterapkan di wilayah masing-masing. "Manfaatkan ilmu yang di dapat untuk kebaikan dan melayani masyarakat, "harapnya.. 

Ditempat yang sama, Kasi Pemerintahan Drs. Yoeyoes Soejana, MM menyampaikan bahwa RT merupakan bagian dari pemerintahan dan ujung tombaknya desa, karena itu, perlu untuk ditingkatkan jiwa nasionalisme dan keikhlasan dalam menjalani sebuah amanah.
"Pemahaman tentang tugas dan fungsi RT wajib dan dijalankan dalam melayani masyarakat, "ungkap Mantan Kasi Tapem Cibitung ini.

Pembinaan dan penguatan kapasitas lembaga desa, Lanjut Yoeyoes diadakan dalam rangka dan upaya pembangunan desa di kecamatan sukakarya perlu adanya sinergitas bersama. "Agar setiap kebijakan dan program yang dibuat, dapat  sampai kepada sasaran yang telah ditentukan, "tuturnya.
Ketua RT memiliki peran yang sangat penting dalam pemerintahan, karena sejatinya setiap dokumen pemerintahan pastinya meminta surat pengantar dari RT, sehingga peran  RT sangat penting di masyarakat. "Menjadi Ketua RT sangat luar biasa, karena RT menjadi ujung tombak desa, "tutupnnya."

(Nilan) 
Lebih baru Lebih lama