Budiyanto: Kegiatan HKP Ke-49 Kecamatan Karangbahagia Harus Menjadi Penopang Ketahanan Pangan

RedaksiBekasi.com- KarangBahagia: Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Fraksi PKS Budiyanto menghadiri Kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) Ke-49 yang diadakan oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Karangrahayu bersama Kecamatan Karangbahagia Kabupaten Bekasi. di Gedung Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Desa Karangrahayu pada Senin (22/11). 
Kegiatan HKP kali ini mengambil tema kita wujudkan sistem pertanian pangan berkelanjutan untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian.
Dalam kesempatan tersebut, Budiyanto mengutarakan pertanian Kabupaten Bekasi merupakan salah satu faktor dalam penguatan ekonomi dalam menopang ketahanan pangan Nasional khususnya sumber pertanian sawah dan padi yang lahannya masih tersedia lebih kurang 47.000 Hektar. "Jadikan HKP Tahun ini, sebagai penopang ketahanan pangan Kabupaten Bekasi,"ucap Budiyanto Politisi PKS saat sambutan.

Selain Budiyanto, Hadir juga Anggota DPRD Kabupaten Bekasi H. Sarim Saefudin, Camat Karangbahagia Karnadi, Asda I Kabupaten Bekasi Yana Suyatna, Kepala Desa (Kades) Karangrahayu Ino Hermawati, BPD Desa Karangrahayu, Bimaspol, Babinsa, para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan masyarakat sekitar. 

Selain pemberian materi kepada warga masyarakat dan para petani, dalam kegiatan HKP tahun ini juga digelar pameran pertanian dan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) warga masyarakat di wilayah Kecamatan Karangbahagia yang bertempat di halaman Masjid LDII. 

Anggota DPRD Kabupaten Bekasi dari Dapil VI meliputi Kecamatan Cikarang Utara, Cikarang Timur dan Karangbahagia, Sarim Saefudin, mengapresiasi kegiatan HKP tingkat Kecamatan Karangbahagia, dirinya berharap kegiatan ini bisa menjadi motivasi bagi kegiatan HKP tingkat Kabupaten Bekasi. Dirinya berharap potensi pertanian di wilayah Kecamatan Karangbahagia, khususnya di Desa Karangmukti dan Karangsatu bisa dipertahankan. 
Legislator dari Partai Golkar ini, mengatakan perlunya anggaran di sektor pertanian bisa ditambah. "Untuk swasembada pangan juga harus tetap bertahan, mungkin kita juga perlu mendapat bantuan dari provinsi dan pusat, sehingga tidak hanya bergantung kepada anggaran APBD Kabupaten Bekasi dengan adanya refocusing-refocusing,"paparnya. 

Di tempat yang sama, Asisten Daerah (ASDA) I Kabupaten Bekasi, Yana Suyatna, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan HKP yang dilaksanakan di Kecamatan Karangbahagia ini, dirinya pun berharap agar kegiatan HKP ini akan menjadi inspirasi untuk kegiatan HKP tingkat Kabupaten Bekasi yang akan dilaksanakan tahun 2022 mendatang.

"Tantangan kita kedepan di Kabupaten Bekasi ini ada zona industri dan pertanian, bagaimana kedepan agar sektor pertanian ini tidak luntur dan kita kemas agar hasil pertanian ini bisa tersalurkan dengan lebih baik dibanding sebelumnya. Semoga Pemda kedepan mengakomodir apa yang menjadi kebutuhan para petani terutama infrastruktur," terangnya. 

Mantan Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Bekasi ini mengatakan, sesuai dengan Peraturan Daerah (Perda) ada sekitar 47 ribu hektar lahan abadi pertanian di Kabupaten Bekasi, termasuk di wilayah Kecamatan Karangbahagia yaitu di Desa Karangmukti dan Karangsatu. Dan menurutnya hal tersebut akan tetap dipertahankan sepanjang tidak ada perubahan Perda.

"Memang anggaran di sektor pertanian belum maksimal setiap tahunnya, tetapi berbagai sektor untuk mendukung pertanian itu ada, seperti di Dinas Bina Marga dan SDA untuk mendukung saluran sekunder tersier kemudian jalan untuk membawa hasil komoditi pertanian, itu kan di dinas lain, tetapi untuk pertanian sendiri bisa dikembangkan dengan teknologi tepat guna, di Balibangda juga ada agar membuat wisata pertanian atau agraris," ungkapnya. 

Sementara itu, Kades Karangrahayu, Ino Hermawati mengatakan, melalui kegiatan HKP tahun ini diharapkan sektor pertanian khususnya di wilayah Kecamatan Karangbahagia bisa lebih maju lagi. Dirinya juga berharap sarana prasarana pertanian bisa lebih diperhatikan lagi, sehingga para petani pun akan sejahtera dan masyarakat pun akan sejahtera.

"Untuk persiapan kegiatan HKP ini sekitar satu minggu, Alhamdulillah para undangan juga bisa hadir semuanya. Dalam HKP kali ini kita ada sarasehan dan pameran hasil UKM warga masyarakat, sehingga hal itu akan memberikan motivasi kepada warga masyarakat untuk berinovasi khususnya di sektor pertanian," tegasnya."

(Nilan) 
Lebih baru Lebih lama