TBM Rumah Pelangi Nyaba Kampung Gelar Malam Apresiasi Seni Sukamekar


RedaksiBekasi.com - Sukawangi: B
ertempat di halaman kantor kepala desa Sukamekar Sukawangi kabupaten Bekasi Jawa Barat dilaksanakan "Malam Apresiasi Seni Sukamekar" yang digabung dalam acara "TBM Rumah Pelangi Nyaba Kampung" dalam rangka menumbuh kembangkan dan melestarikan Kembali Seni Budaya dan partisipasi warga membangun desa. Sabtu, 11 Desember 2021.TBM Rumah Pelangi sebagai penggagas acara ini selain menggandeng pemerintah Desa Sukamekar juga melibatkan partisipasi Karang Taruna dan berbagai elemen masyarakat untuk menyukseskan acara "Malam Apresiasi Seni Sukamekar".

Jayadih selaku Kepala Desa Sukamekar mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh para pemuda desa dan tetap berpesan agar selalu mentaati protokol kesehatan demi kebaikan bersama.

"Kami selaku pemerintah desa selalu mendukung kegiatan para pemuda Sukamekar, selain sebagai wadah kreativitas, pelestarian seni budaya, kegiatan ini juga membuat gairah ekonomi warga bangkit kembali," ungkap Jayadih.

Hadir dalam acara ini Reza Nur Alam, SH., MM., Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga Kab. Bekasi serta jajaran pemerintah Desa Sukamekar Kecamatan Sukawangi Kab. Bekasi.

Dalam sambutannya pada acara talkshow yang menampilkan Kepala desa Sukamekar tersebut, Kepala Bidang Kebudayaan menyebutkan agar generasi muda terus menjaga dan melestarikan budaya lokal yang ada dalam masyarakat dengan berbagai kreativitasnya, turut berpartisipasi apabila ada kegiatan dalam rangka pelestarian kebudayaan.

"Para pemuda jangan merasa gengsi ataupun malu dengan kebudayaan yang kita miliki, hindari sikap primordialisme dan etnosentrisme, tunjukkan kita adalah masyarakat yang berbudaya," sambung Reza Nur Alam.

Sementara itu, Herlinda selaku ketua pelaksana kegiatan berulang kali mengucapkan terima kasih kepada panitia, pemerintah desa serta seluruh pihak yang membuat acara "Malam Apresiasi Seni Sukamekar" dan "TBM Rumah Pelangi Nyaba Kampung" berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

"Saya dan segenap panitia serta teman-teman relawan literasi di TBM Rumah Pelangi Bekasi merasa senang acara ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Desa Sukamekar yang merupakan tanah kelahiran saya," ungkap Herlinda.

Dirinya mengajak semua lapisan untuk turut berpartisipasi dalam membangun desa sesuai dengan peran dan kemampuannya masing-masing.

"Saya yakin. Apapun yang kita kerjakan jika dilakukan secara gotong royong dan sungguh-sungguh pasti akan terlaksana seperti acara "Malam Apresiasi Seni Sukamekar" yang tidak akan sukses jika tidak ada peran serta dan bantuan dari seluruh warga Sukamekar," tutupnya.

Selain menampilkan tari-tarian, atraksi pencak silat Cinong Bekasi, pengenalan reptil, pembacaan puisi, musik akustik, gelaran UMKM, acara "Malam Apresiasi Sukamekar" juga menampilkan bincang literasi dengan menjadikan Duta Baca dan Duta Anak Kab. Bekasi serta Duta Hukum dan HAM Jawa Barat."

(Bisot)
Lebih baru Lebih lama