Encun Sunarto: Peran Bank Sampah Dapat Menciptakan Lingkungan Bersih Dan Sehat

RedaksiBekasi.com- Peran Bank Sampah Dapat Menciptakan Lingkungan Yang Bersih Dan Sehat. Hal tersebut disampaikan saat berbincang-bincang dengan redaksibekasi.com pada jumat, (04/02/2022) disela-sela kesibukannya.Mantan Camat Sukakarya tersebut ingin menjadikan RW 18 Perumahan Bekasi Regency Desa Wanasari sebagai role model dalam pengolahan sampah rumah tangga dengan mengoptimalkan peran bank sampah. Bank sampah di RW 18 Perumahan Bekasi Regency dinilai berhasil dalam menciptakan lingkungan bersih dan sehat yang kemudian membuat Kecamatan Cibitung keluar sebagai juara 1 tingkat Provinsi Jawa Barat kategori Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS).

“Iya saya lihat hadirnya bank sampah di RW 18 ini sangat positif dan memiliki peran yang besar dalam meminimalisir pembuangan sampah ke TPS. Kita melihat banyak sampah-sampah produktif yang bisa dimanfaatkan kembali oleh masyarakat, ”ucap Encun Sunarto.

Menurutnya, Pemerintah Kecamatan menginginkan output dari lingkungan bersih dan sehat ini menular terhadap semua Rukun Warga (RW) yang ada di Kecamatan Cibitung. Sebab pengelolaan bank sampah membawa manfaat besar jika dikelola dengan baik dan dengan treatment yang tepat.

“Sampah-sampah rumah tangga nyatanya jauh bernilai ekonomis, Kita punya inovasi ecoenzime yang didapat melalui fermentasi dari sampah, ecoenzime ini fungsinya seperti desinfektan yang saat ini sedang dilakukan uji lab dan dari PMI pun sudah dikatakan bahwa ini bisa digunakan, ”tuturnya.

Oleh sebab itu, Lanjut Camat Cibitung dirinya menginginkan setiap RW di Kecamatan Cibitung memiliki bank sampah yang dikelola secara langsung dengan melibatkan para pengurus RT dan RW, dengan memaksimalkan tempat yang tidak terpakai untuk keperluan bank sampah tersebut.

“Kita berharap setiap RT menjadi unit-unit bank sampah yang kemudian dikumpulkan di masing-masing RW. Kita yakin bahwa inovasi bank sampah di lingkungan warga ini mampu menjadi terobosan yang baik khususnya untuk Kabupaten Bekasi dalam mengurangi volume sampah rumah tangga di TPS, ”tutupnya."

(Nilan)
Lebih baru Lebih lama