Lokakarya Mini Lintas Sektor Puskesmas Pebayuran, Kapolsek Pebayuran: Menjadi Garda Terdepan Dalam Perangi Covid-19

RedaksiBekasi.com- Pebayuran: Lokakarya Mini Lintas Sektor Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas), yang di laksanakan di Aula Kelurahan Kertasari jalan Raya Pebayuran, Kelurahan Kertasari, Kecamatan Pebayuran, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17710. Membahas tantang peningkatan kasus Covid-19 dalam mengantisipasi penanganan peningkatan penyebaran Covid-19 (Omicron) di wilayah Kecamatan Pebayuran. Dan pemberian vaksinasi Booster untuk lansia dan Komorbid, Rabu (09/02/2022).Rapat Koordinasi yang di hadiri oleh Unsur Muspika Camat, Kapolsek beserta Danramil dan Puskesmas Pebayuran, Puskesmas Karangharja, Babinsa Koramil 11/Pebayuran, Binmas Polsek Pebayuran, Lurah dan Kepala Desa Sekecamatan Pebayuran, serta RT dan RW, Karangtaruna Kecamatan Pebayuran, IPSM Kecamatan Pebayuran dan TKSK Kecamatan Pebayuran, untuk meningkatkan sinergitas dan kerjasama yang lebih baik dalam pelaksanaan vaksinasi, dan antisipasi peningkatan penyebaran Covid-19 di wilayah Kecamatan Pebayuran. 

Dalam Kesempatan itu, Kapolsek Pebayuran AKP. Usep Aramsyah dalam sambutannya mengatakan, Vaksinasi Untu Lansia harus di prioritaskan, karena sangat rentan terjangkit virus Covid-19. Dan untuk usia 20 tahun hingga 40 juga harus di tekankan agar untuk mengikuti vaksinasi dan menerapkan protokol kesehatan di setiap segala aktivitas, untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran covid-19, karena di usia itu rentan juga menjadi sasaran penyebaran Virus Omicron. 

"Untuk Lansia dan Komorbid harus di prioritaskan untuk mendapatkan vaksinasi, karena sangat rentan terpapar penyebaran covid-19. Begitu juga di usia 20 dan 40 tahun, akan kita tekankan juga untuk mengikuti vaksinasi, dan menerapkan protokol kesehatan di setiap aktifitas dan kegiatan sehari - hari," Ujar Kapolsek Usep dalam sambutnya. 

Sementara itu Danramil 11/Pebayuran Kapten Inf U Aswan Siregar menegaskan, hari ini kita perang melawan covid 19, karena perang bukan hanya di medan tempur saja, melawan covid juga adalah perang, maka di butuhkan kerjasama yang baik, untuk mendapatkan hasil yang baik dalam mengantisipasi Covid-19. 

"Babinsa, Binmaspol, semua RT dan RW, Lurah dan  Kepala Desa, harus bekerjasama yang baik dalam menghadapi dan mengantisipasi Covid -19, karena kalian adalah ujung tombak dalam memerangi penyebaran Covid ini, sehingga hasilnya lebih baik lagi," Tegas Danramil

Terutama untuk kegiatan Vaksinasi, Sambung Danramil, semua harus bekerjasama, untuk sincronisasi data warga yang sudah maupun yang belum mendapatkan vaksinasi, terutama untuk lansia dan komorbid karena lansia dan komorbid sangat rentan terpapar Covid-19, dan melaporkannya ke pimpinan, baik Desa maupun muspika agar untuk di komunikasikan dengan puskesmas untuk di tindaklanjuti dalam jadwal pemberian Vaksinasi, dan melaksanakan sosialisasi kepada warga masyarakat, untuk menghilangkan keraguan untuk mengikuti vaksinasi. Dengan keterangan pihak medis, layak atau tidak untuk di vaksin, terutama untuk lansia dan komorbid. jelas Danramil

Dalam sambutannya, Camat Pebayuran H. Hanif, S. Sos. MM berharap, terjalinnya komunikasi yang baik antar lintas sektor, baik muspika maupun di tingkat Desa dan kelurahan, untuk dapat bersama - sama dalan mengantisipasi peningkatan penyebaran Covid-19 di wilayah kecamatan pebayuran, ujar Camat. 

Diapun berharap, untuk semua desa dan kelurahan memilki tempat isolasi. Dan untuk di Kecamatan Pebayuran hanya baru dua desa yang memilki ruang isolasi, desa Karangpatri dan Desa Karangreja, terangnya. 

Di tempat yang sama, Uci Sanusi, S. Kep., mewakili Kepala Puskesmas Pebayuran, dalam sambutannya mengatakan, bahwa selain penyebaran Covid-19 di wilayah kecamatan Pebayuran, penyebaran Demam Berdarah (DBD) di kecamatan Pebayuran juga harus di antisipasi, karena sama - sama Virus. 

Diapun menyampaikan, untuk semua Desa agar mencatat nama sopir Ambulance dan di serahkan ke Puskesmas, agar ketika di butuhkan dapat di hubungi, Dan kita akan terus komunikasi dengan unsur muspika untuk sosialisasi ke warga masyarakat dalam pelaksanan vaksinasi kedepannya, terang Uci.
Rapat Koordinasi pun berjalan lancar aman dan tertib dengan tetap mengedepankan penerapan protokol kesehatan, dan tak luput dari bidikan kamera wartawan Pers Media Info Pebayuran."

(Subur) 
Lebih baru Lebih lama