Candi Tertua Jawa Barat di Hamparan Luas Persawahan Karawang

Candi Tertua Jawa Barat di Hamparan Luas Persawahan Karawang

Oleh : Andreas Anton Priyambodo

Candi Tertua Jawa Barat dihamparan luas persawahan Karawang

Halo sobat, taukah kamu ? ternyata di Karawang itu tidak hanya dikenal sebagai daerah lumbung padi akan tetapi juga dikenal akan kaya tinggalan purbakalanya. Siapa sangka di tengah ramainya perindustrian Karawang ternyata berdiri kokoh tinggalan purbakala yang mempunyai peran dalam perjalanan sejarah bangsa. 

Lokasinya yang terletak di Kecamatan Pakisjaya, Kabupaten Karawang. Situs Percandian Batujaya yang berada di tengah hamparan sawah sangat cocok dijadikan destinasi wisata sejarah atau yang ingin healing walaupun keadaan kantong kering .

Candi kebanggan masyarakat Karawang ini merupakan peninggalan dari kerajaan Tarumanegara yang diperkirakan berdiri dari abad ke-5 - 7 Masehi, sehingga dapat disimpulkan bahwa kawasan situs percandian Batujaya ini merupakan kompleks percandian tertua di Jawa Barat bahkan diyakini lebih tua daripada Candi Borobudur yang berada di Magelang, Jawa Tengah. 

Kawasan situs ini memiliki 2 candi utama yang sudah dipugar yaitu Candi Jiwa dan Candi Blandongan, menurut sejumlah sumber masih banyak titik situs di Batujaya yang berpotensi akan tinggalan purbakalanya. 

Candi Jiwa

Candi Jiwa Candi Tertua Jawa Barat di Hamparan Luas Persawahan Karawang
 Candi Jiwa 

Situs Candi Jiwa merupakan tinggalan purbakala yang bercorak agama Budha. Candi yang berukuran 19 x 19 meter dengan tinggi 4,7 meter dengan bahan utama bangunan batu bata ini terlihat masih terlihat cukup sempurna dan secara ornamen masih sederhana. 

Nah yang unik dari situs ini jika dilihat dari atas, struktur bangunannya menyerupai bunga padma (teratai) dan selain itu juga candi ini tidak memiliki tangga seperti pada candi umumnya sehingga dapat diasumsikan bahwa aktivitas pemanfaatan candi ini berada di area sekeliling candi. 

Fyi, dalam ajaran agama Budha ada namanya ritual pradaksina yaitu ritual mengelilingi objek yang disakralkan searah jarum jam yang bertujuan sebagai ritual penyucian dan penghormatan, sehingga dapat diintepretasikan kemungkinan besar fungsi candi ini pada masa lalu digunakan sebagai tempat untuk melaksanakan ritual Pradaksina.

Candi Blandongan

Candi Blandongan Candi Tertua Jawa Barat di Hamparan Luas Persawahan Karawang
 Candi Blandongan 
 
Selain Candi Jiwa di kawasan situs Batujaya juga ada Candi Blandongan, untuk jaraknya tidak terlalu jauh dari lokasi Candi Jiwa. Situs Candi Blandongan berbentuk persegi dengan ukuran bangunan 24,6 x 24,6 meter dengan ketinggian 4,9 meter dari permukaan sawah. 

Secara ukuran Candi Blandongan memiliki ukuran yang lebih besar dan terdapat tangga dikeempat sisi bangunannya tidak seperti Candi Jiwa. 

Berdasarkan sejumlah sumber bangunan ini terdapat beberapa stupa sehingga dapat diasumsikan bahwa fungsi utama pada candi ini yaitu digunakan sebagai tempat untuk mengadakan ritual dan upacara keagamaan. 

Sekeliling area candi juga sudah dibangun taman yang membuat pemandangan lebih eksotis dan cantik. Tak jauh dari area situs Percandian Batujaya, terdapat museum benda-benda peninggalan yang ditemukan di sekitar candi. 

Jadi tunggu apalagi nih, Situs Percandian Batujaya ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi kalo lagi di Karawang, cocok banget untuk sarana edukasi, piknik keluarga atau sekedar menghilangkan kepenatan akan suasana kota.  



Lebih baru Lebih lama