Sambut Hari Air Sedunia, Komunitas Save Kali Cikarang Bersihkan Sungai

Sambut Hari Air Sedunia, Komunitas Save Kali Cikarang Bersihkan Sungai

RedaksiBekasi.Com - Cikarang Barat 22/3/2022. Siang itu cukup terik memanggang kepala.  Temperatur ada di kisaran 30-32 derajat celcius.  Di sebuah anak sungai Kali malang tepatnya di Kampung Rawapalangan Desa Telaga Murni sekumpulan anak muda terlihat wara wiri sibuk dengan mobil kijang minibus butut menurunkan bibit pohon, cangkul,  linggis,  Rubber boat, dayung, life guard seta peralatan water resue lainnya.  

Saat di konfirmasi rupanya mereka yang tergabung dalam Bambu foundation Save Kali Cikarang sedang mengadakan giat dalan rangka menyambut hari air se Dunia atau World Water Day yang jatuh pada setiap tanggal 22 maret.

Tak lama kemudian, mulai berdatangan anggota TNI dari Koramil  setempat, anggota Polsek, Pejabat Dinas Kehutanan Pemprov Jabar, Uptd wilayah 3 Kab.  Bekasi bidang pengelolaan sampah ketua RT/RW setempat, Karang taruna Desa Tenaga Murni.

Apel di siang bolong pun digelar dengan apa adanya.  Tak ada michrophone dengan sound system terdengar apalagi tenda. "Air Sungai Bersih Untuk Rakyat" adalah tema yang di usung dalam memperingati hari air sedunia tersebut. 

Setelah apel selesai lanjut dengan membersihkan bantaran sungai sambil membersihkan sampah plastik.  Di waktu yang sama cangkul pun mulai di ayunkan agar 200 pohon yang kami bawa tettanam sempurna agar kelar dapat menahan laju sendimentasi dan sebagai pasokan oksigen,  peneduh dan fungsi estetika. Di akhir giat perahu karet diturunkan dan digunakan sebagai penampungan sementara sampah plastik yang menyumpal di atas permukaan guna memastikan pasokan debit airnya lancar. 

Dalam giat dalam menyambut hari air se dunia Bambu foundation ingin menyampaikan pesan bahwa keberlangsungan hidup kita terletak pada air bersih yang ada di sungai karena cadangan air tanah mempunyai trend semakin menipis akibat eksploitasi besar besaran dari laju Industrialisasi itu sendiri.sedangkan sungai sebagai cadangan air dalam kebutuhan hidup warga banyak yang tercemar dan Das nya yg semakin  kritis.

Surya Iskandar
Penulis adalah Ketua Harian #savekalicikarang  dan Direktur Kajian Strategis #bambufoundation
Lebih baru Lebih lama