Kalapas Cikarang Pantau Langsung Skrining dan Tes TBC Bagi Warga Binaannya

RedaksiBekasi.com- Cikarang: Lapas Cikarang lakukan deteksi dini terhadap penyakit menular melalui Skrining dan tes penyakit Tuberkulosis (TBC) terhadap warga binaannya. 

Kepala Lapas Cikarang, Veri Johannes mengatakan pihaknya bergerak cepat menindaklanjuti arahan pusat terkait pelaksanaan Skrining dan tes TBC bagi warga binaannya.
"Jajaran kami telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kab. Bekasi, selanjutnya ditunjuk Puskesmas Kedung Waringin Bekasi guna melaksanakan Skrining dan tes TBC bagi para warga binaan,” tuturnya.

Bertempat di halaman blok hunian, skrining dan tes TBC pun dipantau langsung oleh Veri (sapaan akrab Kalapas Cikarang itu).

“Alhamdulillah kami sangat terbantu oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Kedung Waringin,” ujarnya.

Lanjutnya, target warga binaan yang akan di skrining dan tes TBC sebanyak 1.300 orang, dari total warga binaan kami 1.700 orang.

“Menjadi langkah deteksi dini terhadap penyakit menular pada warga binaan, ini pun merupakan upaya preventif/pencegahan guna mengetahui kondisi kesehatan dari Narapidana dan Tahanan.” Jelas Veri.

“Apabila terdapat indikasi gangguan kesehatan terhadap Narapidana dan Tahanan, maka akan dilakukan tindakan berupa pemisahan kamar hunian (kamar Isolasi/Poliklinik) yang bertujuan untuk memutus penyebaran penyakit/gangguan kesehatan dan mempermudah pemantauan serta pemulihan kondisi kesehatan oleh petugas medis lapas Cikarang,” pungkasnya."

(Red) 
Lebih baru Lebih lama