ARC, Patil Ganjil, Taman Hati dan REHAB Kali CIkarang Turun ke Sungai Bersihkan Sampah

ARC, Patil Ganjir, Taman Hati dan REHAB Kali CIkarang Turun ke Sungai Bersihkan Sampah

RedaksiBekasi.Com - Puluhan angler yang tergabung dalam Komunitas ANGLER RELAWAN CIKARANG (ARC) bersama anggota Komunitas PATIL GANJIL dan REHAB Kali Cikarang turun ke sungai dalam rangka kegiatan rutin pembersihan sampah. Sabtu, 18 Juni 2022.

Aprilawansi selaku ketua ARC menjelaskan bahwa kegiatan pengangkatan sampah di Kali Cikarang adalah kegiatan rutin bersama REHAB Kali Cikarang.

"Kegiatan pengangkatan sampah yang tersangkut di tepian dan tercecer di kali saat ini dibantu oleh teman-teman dari PATIL GANJIL. Bukan hanya sampah, tapi eceng gondok yang memadati kali efek dari naturalisasi kali Malang juga kami bersihkan," ucap Aprilawansi kepada media.

"Membersihkan kali dengan memunguti sampah dan eceng gondok sudah menjadi rutinitas, teman-teman para angler melakukannya dengan antusias. Alhamdulillah semoga ini bisa menjadi ajang silaturahmi yang positif bagi para angler," sambung Aprilawansi.

Senada dengan itu, Waskim Akew dari PATIL GANJIL Team juga menyatakan bahwa menjaga kebersihan kali sudah seperti menjadi kewajiban bagi para angler.

"Menjaga kebersihan kali tentunya sangat berhubungan dengan hobi memancing para angler, kali yang bersih dan udara yang sejuk akan menyehatkan para angler, memancing menjadi hobi yang menyehatkan kalau sungainya bersih dan ikan-ikan juga berkembang biak dengan lebih baik, pada akhirnya dengan menjaga kebersihan sungai, angler sendiri yang akan menerima manfaatnya," ungkap Waskim Akew.

"Ya semoga saja masyarakat umum juga ikut serta menjaga kebersihan kali dengan tidak membuang sampah di kali, saya rasa ini menjadi kewajiban kita semua," tutup Waskim yang bersama team turun ke sungai memunguti sampah yang tersangkut.

Hendra Abay ketua TAMAN HATI menyambut baik kegiatan bersih-bersih kali ini, menurutnya semakin banyak penggiat lingkungan yang peduli akan kebersihan sungai maka semakin bersih sungai kita, minimal yang ada di lingkungan kita dahulu," katanya. 

ARC, Patil Ganjir, Taman Hati dan REHAB Kali CIkarang Turun ke Sungai Bersihkan Sampah


Di sela-sela kegiatan membersihkan sampah di DAS sungai. Ketua REHAB KALI CIKARANG, Yahya komeng berteriak dengan lantang, "Panjang umur orang-orang baik."

"Bergetar hati saya menyaksikan semakin banyak kawan-kawan yang peduli akan kebersihan sungai, tanpa mengurangi rasa syukur saya terhadap Tuhan, saya bahagia. Semoga semua warga Bekasi sadar bahwa sungai juga butuh perhatian. Masyarkaatlah pengawas dan pemantau terbaik, kenapa pengawasan?, lihat saja limbah-limbah yang semena-mena di buang ke sungai, baik limbah industri ataupun limbah rumah tangga," ucap Komeng.

"Saya berharap dengan adanya kegiatan bersih-bersih kali seperti ini, semoga para pelaku pembuangn limbah atau sampah ke sungai agar tersadar dan peduli akan kebersihan sungai di Bekasi," tutupnya.

Reporter: Blanco Kosong
Editor: Bisot
Lebih baru Lebih lama