Pussenarhanud Kodiklatad Gelar Ajang Bergengsi Danpussenarhanud Cup TA 2022 ‘5on5 Airsoft Competition

RedaksiBekasi.com- Cimahi: Sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan olahraga permainan dengan menggunakan senjata (airsoftgun), Pussenarhanud menginisiasi  kompetisi antar club bertajuk Danpussenarhanud Cup 2022 ‘5on5 Airsoft Competition’ yang dilaksanakan di Lapangan Tri Nanggala Kota Cimahi, Sabtu-Minggu (18-19/6/2022).
Komandan Pussenarhanud, Mayjen TNI Karev Marpaung, S. Sos., M.M mengatakan kompetisi yang digelar Pussenarhanud ini merupakan bukti keseriusannya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat sekitar dan membantu pemerintah, khususnya dibidang olahraga.
 
“Hari ini kita Pussenarhanud mengadakan satu jenis cabang olahraga, orang mengenalnya airsoftgun. Tema kita kali ini ‘5on5 Competition’ artinya 5 lawan 5. Peserta kali ini jumlahnya ada 32 tim, nanti sistemnya sistem setengah kompetisi. Jadi mereka kita bagi dua tim lalu tiap tim akan bertemu dan sistem gugur,” terang Karev usai membuka acara.
 
Meski olahraga ini tidak termasuk kedalam cabang olahraga yang ada di KONI, tapi olahraga permainan yang banyak digandrungi masyarakat saat ini diwadahi oleh Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia atau KORMI.
 
“Kita tahu kegiatan ini berawal dari game online. Kompetisi ini aplikasikan dengan bentuk nyata, dalam bentuk fisik langsung sehingga mereka betul-betul merasa permainan tapi ada olahraganya,” tuturnya.
 
Jadi, lanjut dia, ada permainannya juga olahraganya. ia menjelaskan bahwa olahraga ini menggunakan suatu alat yang disebut airsoftgun yakni semacam senjata api yang bersifat miniatur replika dengan perbandingan 1 : 1.
 
Pria berpangkat bintang dua ini berharap kegiatannya bisa berjalan lancar. Hal positif lain kenapa harus terus diarahkan, karena menurutnya nanti di kemudian hari mereka bisa menjadi bagian dari bangsa sebagai komponen cadangan yang saat ini menjadi program pemerintah dalam bela negara.
 
“Ternyata minat dari berbagai komunitas Airsoft ini cukup besar. Buktinya bukan hanya komunitas dari wilayah Jawa Barat saja, tapi mereka juga ada yang datang dari Jawa Tengah, Jawa Timur dan dari luar Jawa. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi suatu awal yang baik dan bisa semakin berkembang,” tutupnya.
 
Dalam kompetisi tersebut setelah melalui persaingan yang cukup sengit namun tetap menunjukkan nilai-nilai sportifitas pada akhirnya diperoleh pemenang dengan Juara 1: AJT Surabaya Jatim, Juara  2: Anarchy Magelang Jateng dan Juara 3 Unpar bandung Jabar. 
 
Hadir dalam kegiatan tersebut  Pejabat Teras Pussenarhanud, perwakilan Pemerintah Kota Cimahi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Maria Fitriana, Kadispora Pemkot Cimahi Budi Raharja, Ketua Umum ABU Indonesia Januardi. S. Haribowo S.H., Perwakilan KORMI Provinsi Jabar dan Kota Cimahi.“

(Din) 
Lebih baru Lebih lama