Said Iqbal Lantik Pengurus Perhimpunan Jurnalis Rakyat (PIJAR)

Said Iqbal Lantik Pengurus Perhimpunan Jurnalis Rakyat (PIJAR)

RedaksiBekasi.Com - Ratusan Kader Partai Buruh dari perwakilan pendiri yang terdiri dari KSPI, KSBSI, KPBI, SPI KSPSI dan organisasi pemuda lainnya, mengikuti agenda Workshop dan Inagurasi PIJAR (Perhimpunan Jurnalis Rakyat) bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (PUSDIKLAT) Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) pada Kamis 09 -11 Juni 2022 di Cisarua Kabupaten Bogor Provinsi Jawa Barat.

Terbentuknya PIJAR yang merupakan sayap partai buruh diharapkan agar mampu menjangkau para konstituen dan calon konstituen dalam menyampaikan pesan-pesan dan menyosialisasikan tujuan-tujuan besar perjuangan Partai Buruh. 

Kawan-kawan wartawan dari Perhimpunan Jurnalis Rakyat inilah yang nantinya akan menjadi salah satu ujung tombak partai dalam merebut hati para pemilih dalam kontestasi politik di masa datang. 

“Cita-cita perjuangan Partai Buruh ini harus disebarluaskan ke masyarakat, agar masyarakat tahu bahwa di pemilu 2024 ada Partai Buruh," pesan Said Salahudin selaku ketua Badan Pengkajian Strategis Kepesertaan dan Pemenangan (BPSKP) Partai Buruh kepada para peserta workshop. 

Di samping itu Salahudin juga menuturkan bahwa penting sekali bagi seorang jurnalis untuk bisa membangun hubungan baik dengan nara sumber. 

“Seorang jurnalis harus mengetahui tingkat keterkenalan (popularitas), penerimaan (akseptabililtas) dan tingkat keterpilihan (elektabilitas) Partai Buruh di masyarakat. Dengan mengetahui hal tersebut maka kita bisa menentukan langkah apa yang selanjutnya akan kita ambil dalam perjuangan Partai Buruh di ranah media,” tandas Salahudin yang kerap disapa Bung Said. Jumat (10/6/22).

Selanjutnya Bung Said menjelaskan, bahwa ada 5 pos media nasional dalam mencari informasi terkait pemilu di lembaga Negara, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai sumber utama dan pertama dalam pemilu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) sebagai pengawas persiapan dan jalannya pemilu, Kementrian Dalam Negri (KEMENDAGRI) sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab dalam pelaksanaan pemilu, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai lembaga legislasi, serta Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai lembaga yang mengesahkan hasil pemilu. Di tempat-tempat tersebutlah teman-teman PIJAR bisa mendapatkan berita dan informasi-informasi utama saat pemilu.

Workshop dan Inagurasi PIJAR hari kedua ditutup  dengan pelantikan para Pengurus Nasional PIJAR yang dilantik langsung oleh Presiden Partai Buruh Ir. H. Said Iqbal M.E secara virtual melalui zoom meeting. Terdapat18 orang pengurus dari jumlah peserta 62 perwakilan dari organisasi pendiri partai buruh. 

Adapun susunan pengurus Pengurus Nasional PIJAR sebagai berikut: Ketua Pijar: Agung Purwanto ,Wakil Ketua: Khairul Anam, Sekretaris: Suhari Ette, Bendahara: Meilani. 

Untuk struktur Bidang Media Social, Bidang Produksi Konten, Bidang Dewan Redaksi, Bidang Kegiatan, Bidang Penelitian (Litbang) diisi dari masing-masing perwakilan yang hadir pada hari tersebut.

Said Iqbal Lantik Pengurus Perhimpunan Jurnalis Rakyat (PIJAR)


Ir. H. Said Iqbal M.E, Presiden Partai Buruh setelah melantik para pengurus nasional Pijar berpesan agar semua unsur PIJAR dapar bekerja dengan integritas yang tinggi.

"PIJAR adalah sayap partai kedua dan sebelumnya garda rakyat terbentuk, PIJAR harus menyuarakan kebenaran dan menyampaikan sesuai dengan fakta kepada masyarakat," ucap Said Iqbal.

"Kedepannya PIJAR akan dibentuk di tingkat Exco Provinsi hingga tingkat Exco Desa / Kelurahan agar mampu merangkul lebih banyak pengurus dan anggota.’’tutupnya.

Reporter: Maruloh
Editor: Bisot


Lebih baru Lebih lama